28
Des

Helmy Faishal Buka Akses Perkebunan Pala

TAPAKTUAN, ACEH SELATAN – Bersamaan dengan puncak peringatan hari jadi (HUT) ke-68 Kabupaten Aceh Selatan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini melakukan peresmian jembatan dan jalan di daerah Tapaktuan, Sabtu (28/12). Jalan sepanjang 1.4 KM yang diresmikan merupakan bantuan Kementerian PDT melalui program bedah desa.

Jembatan dan jalan sepanjang 1,4 KM yang dibangun adalah bagian dari upaya pengembangan kawasan perdesaan terpadu, terutama untuk mendukung usaha daerah tertinggal lepas dari ketertinggalan.
“Semoga bantuin ini mempermudah akses dan meningkatan produksi petani pala mendekati pendapatan per Kapita nasional” terang Helmy

Sementara, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH, mengatakan, bantuan-bantuan Kementerian PDT ini sangat bermanfaat secara langsung bagi perkembangan sektor pertanian masyarakat. “Kami sangat mengharapkan dukungan dan perhatian kementerian PDT agar terlepas dari status daerah tertinggal” terangnya.

Kepala Desa Batuitam, Irfan, mengatakan, Jembatan dan jalan sepanjang 1,4 KM tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar Desa Batuitam. Sejak jembatan itu dibangun, para petani setempat cukup bergairah kembali untuk bercocok tanam, terutama untuk menanam benih tanaman Pala.

“Sebelumnya, masyarakat enggan bercocok tanam karena jalan menuju lahan sulit dilewati. Setelah jembatan bantuan PDT dibangun, warga kembali bercocok tanam dan mempermudah angkutan hasil panen” kata Irfan.

Melalui program Bedah Desa, Kementerian PDT  berupaya melakukan pengurangan isu kesenjangan antar daerah, salah satunya dengan  membangun jembatan sebagai pehubung dan membuka jalan yang selama ini susah ditempuh masyarakat daerah tertinggal.

Target Kementerian PDT 2014 nanti adalah berkurangnya jumlah daerah tertinggal sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, menurunnya indeks kemiskinan di daerah tertinggal serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan potensi sumber daya lokal

Sumber: komprominews.com

Share Button
Search:
Twitter Update
Statistik Pengunjung
Flag Counter
© Copyright 2012-2017 Catatan Harian Helmy Faishal. All rights reserved. Powered by Rumah Kreasi