17
Des

Helmy Faishal Luncurkan Program Gerbang Gatra di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua

Mamberamo, Papua - Terjawab sudah mengapa Menteri Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini sangat concern terhadap program pro rakyat di Provinsi Papua. Dia rupanya ingin segera memajukan Papua.

Selasa (17/12), dia rela terbang selama 12 jam ke Papua khusus untuk meluncurkan Program Gerakan Membangun Keluarga Sejahtera (Gerbang Gatra) di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Tak hanya itu, selama tiga hari salah satu kader terbaik Partai Kebangkitan Bangsa itu juga memberikan dana bantuan sebesar Rp12,3 miliar untuk mendukung Gerbang Gatra.

Ya, rupanya, sang menteri sangat sreg dengan program pro rakyat itu. Maklum, inovasi program yang digagas Bupati Demianus Kyeuw-Kyeuw dan wakilnya itu sangat menyentuh rakyat kecil. Ada dana Rp10 juta per tahun yang digelontorkan untuk 4.000-an keluarga yang tersebar di 59 kampung yang telah menikmati dana ini. Dan semuanya, ditujukan untuk memperbaiki taraf kesehatan, pendidikan dan infrastruktur Mamberamo Raya.

“Saya sangat salut pada upaya Bupati Demianus Kyeuw-Kyeuw yang mau berinovasi untuk mengentaskan ketertinggalan di wilayahnya. Ini program bagus. Mudah-mudahan daerah lain mau mencontoh program seperti ini,” harap Helmy, dalam sambutannya di Mamberamo Raya, Selasa (17/12).

Saat me-launching Gerbang Gatra,Helmy merasa yakin, program yang sudah dirintis sejak 2012 itu bakal berdampak positif bagi masyarakat Mamberamo Raya. Untuk membuktikan ucapannya, Helmy pun kemudian menantang empat siswa SD dan SMP di Mamberamo Raya untuk berorasi di depan podium.

Nah, dalam tantangannya, tak dinyana, Kabupaten yang sangat terpencil itu punya anak-anak yang berani dan punya mimpi tinggi. Tanpa sinyal telepon, minim aliran listrik, serta akses yang hanya bisa ditempuh melalui jalur udara itu, ada empat anak yang mampu berorasi layaknya juru kampanye di depan sejumlah stakeholder Papua.

Ondo Bilasi misalnya. Siswa kelas IV SDN Kasmaweja itu berani berteriak dengan lantang bahwa dia ingin jadi Presiden. Dia ingin menggratiskan layanan kesehatan dan pendidikan. Dia bahkan mampu melafalkan Pancasila serta menjabarkan apa itu program Gerbang Gatra dengan baik dan benar.

Gubernur Papua Lukas Enembe langsung memberikan applaus untuk Ondo. Begitu juga Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Drs Christian Zebua. ”Itu menandakan bahwa anak-anak Mamberamo Raya juga puya potensi yang sama dengan anak-anak perkotaan. Mereka juga punya mimpi. Mereka juga punya kemampuan. Karenanya Kementerian PDT siap memberikan dana bantuan Rp 12,3 miliar untuk mendukung Gerbang Gatra,” ujar Helmy yang disambut applaus ratusan warga Mamberamo Raya.

Menanggapi ini, Gubernur Papua Lukas Enembe langsung tersenyum sumringah. Dia mengaku senang, ada Menteri yang mau beraksi nyata membantu program pembangunan di wilayahnya.

”Pak Helmy rupanya Menteri yang bukan hanya datang dan me-launching sesuatu. Tapi datang dengan membawa bantuan. Saya tentu sangat berterimakasih. Sebagai Gubernur, saya akan gunakan jabatan untuk mendukung program yang “aneh-aneh” seperti Gerbang Gatra ini,” ungkapLukas.

Usai me-launching Gerbang Gatra, Helmy Faishal Zaini kembali ke Jayapura dengan pesawat carteran untuk memberikan kuliah umum kesehatan di Universitas Cenderawasih. “Kementerian yang saya pimpin akan menggandeng Perguruan Tinggi seperti Uncen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat daerah tertinggal melalui program Pedesaan Sehat,” tutur Helmy.

Share Button
Search:
Twitter Update
Statistik Pengunjung
Flag Counter
© Copyright 2012-2017 Catatan Harian Helmy Faishal. All rights reserved. Powered by Rumah Kreasi